November 11, 2008

sweet for my sweet

Udah hampir seminggu ini aku males bloging sama ngeplurk.Ada apa gerangan???Ceritanya lagi pingin bikin2 kudapan.Bawaannya pingin bikin kue yg manis2...pingin makannya juga siiih..Gara2nya seminggu yg lalu waktu lagi ke ITC sama Thalla kita ngelewatin stand penjual kue-kue jajan pasar.Trus ada kue mangkok berwarna-warni.Thalla minta dibeliin dan dgn lahap menghabiskan ke 4 kue mangkok yg ukurannya lumayan gede.Wah laper atau doyan nih pikirku.Tapi trus aku inget Thalla juga suka bolu kukus.Berarti emang suka nih.Jadi pingin bikinin kue2 buat Thalla.

Iseng2 trus aku browsing cari resep bolu kukus sama kue mangkok.Selama browsing itu bermunculanlah resep2 yg lain.Waaah semua pingin nihhh.Semua enak enak siiih. Belum lagi variasi2 dari 1 resep kan ada beberapa yg kalau cuma dibayangin bikin ngiler.Jadi bingung juga mau bikin yg mana dulu nih.Akhirnya aku putuskan coba bikin bolu dulu.Kayaknya enak nih ada yg bolu kukus yg atasnya mekar ada bolu pelangi rasa pisang, vanila, campur coklat...hmmm...

Besoknya aku ajak Thalla ke Titan di Fatmawati utk beli bahan2.Sekalian beli beberapa loyang karena loyang di rumah cuma tinggal 1 ukuran.Aku juga beli cetakan2 kue aneka bentuk.Sekalian buat nyetak2 pancakenya Thalla.Jadi bentuknya gak cuma gitu2 aja.Trus aku juga beli cetakan coklat dan stiknya sama coklat blok buat bikin coklat loli buat Thalla.Waktu pilih2 cetakan coklat aku pilihnya yg lucu2 kayak bentuk badut.Pas bikinnya aku jadi repot sendiri krn badutnya kan banyak detailnya.Jailah coklat badutnya Thalla hasilnya mencong2.Matanya mencar, idungnya di samping kiri trus mulutnya ada yg setengah dari muka si badut.Tapi rasanya enak kok.dan pastinya Thalla seneng banget.

Sorenya aku buat kue bolunya di rumah eyangnya anak2.Soalnya mixer di rumah kan rusak jadi sekalian minjem mixer di sana.Resep bolu pelangi yg dicoba pertama.Katanya bolu pelangi ini bolu yg gampang buatnya.Sedangkan bolu kukus yg atasnya pecah merekah tuh susah .Sebelumnya aku juga sempet nanya2 ke Brenda sama Ary biar gak salah ngocok sama nyampur bahan.Biar berhasil.nah buat yg bolu pelangi karena katanya gampang bikinnya aku jadinya pede banget bikinnya.Campur sana campur sini, kocok itu kocok ini...trus kukus deh.Pas lagi nunggu bolu pertama selesai dikukus dan mulai bersiap2 bikin adonan bolu kukus ke 2 aku liat...LHO KOK???Baking powdernya bungkusnya masih rapet alias belum dibuka.Yaaa...lupa dimasukin.Alamat bantet nih.Eh bener aja, waktu dandang dibuka terlihatlah bolu kukus yg ciut.Tapi lucunya rasa dan teksturnya malah mirip kue mangkok yg sebenarnya pake tepung beras (bolu kukus pake tepung terigu).Thalla malah minta nambah teruuus.Heheehe...bahagiaaaaa rasanya biar bantet dibilang enak sama Athalla.

Meskipun gagal di resep pertama semangat untuk bikin resep ke 2 bukan berarti surut.Justru tambah semangat.Tapi apa yg terjadi?Bolu kukus yg ke 2 malah lebih bantet dan gak ada enak2nya.Padahal kayaknya semua yg di resep udah diikutin dan lebih hati2 bikinnya.Secara emang resepnya bilang harus hati2 supaya bisa ngembang banget. Kesimpulannya hari itu percobaan utk bikin bolu gatot...gagal total!!!

Nah besoknya daripada gagal bikin yg harus ngembang lagi mending bikin yg gak perlu dikembangin.Gethuk lindri...Hmmmm...yg ini kue kesukaanku nih.Seneng juga pas tau ternyata resepnya gampang.Aku bikin 2 jenis.Yg original pake santan dan dimakan bareng kelapa parut sama resep modifikasiku yaitu pake susu dan keju.Trus krn aku gak punya cetakan mi buat bentuknya jadi aku cetak berbentuk hati biar lebih mengundang selera buat Thalla.

Proyek berikutnya adalah bubur sumsum.Yeee...ini sih gampang banget.Saking gampangnya aku juga sampe bingung sendiri.Lho kok malah bingung?Iya bingung kenapa dari dulu selalu beli kalau pingin bubur sumsum bukannya bikin sendiri.Mana lebih enak bikin sendiri, soalnya santennya kan bisa banyak jadi lebih gurih jadinya.

Masih penasaran dgn bolu besoknya aku coba lagi bikin bolu.Yg pasti yg dibuat bolu pelangi.Setelah campur bahan dan dikukus...kali ini berhasil.Bolu mengembang dan rasanya uenaaak...Itu aku bikin yg rasa pisang.

Besoknya lanjut lagi bikin bolu tapi variasi lain.Aku bikin yg bintik2 rasa ciklat.Tinggal ditambah meises di adonan dan sebagian pake adonan yg dipakein coklat bubuk.Hasilnya....berhasil lagi.Untuk bolu kukus yg atasnya pecah nanti dulu deh.Jadi males kalau kalau hasilnya bantet lagi.Mending coba resep berikutnya.Aku pingin bikin brownies kukus.Dulu2 kalau bikin brownies kukus menurutku hasilnya kurang maksimal jadi kemarin cari resep yg keliatannya paling oke dan mau dipraktekin besok.Semoga hasilnya juga maksimal.Selain itu masih banyak resep yg mau dicoba.

Kalau diliat semua resep yg aku coba gak ada yg dipanggang.Kenapa?Rasanya aku belum siap utk urusan panggang memanggang.Terakhir aku bikin brownies coklat yg dipanggang eh ovennya berasap dan jadinya pait dan aroma asap...hehehe.Padahal adonannya adalah adonan siap pakai yg cuma dicampur air sama telur.Jadi kalau aku sudah khatam soal kue2 yg dikukus baru mulai ngelirik yg dipanggang.

Tapi dari kemarin gak ada acara foto2 hasil kuenya.Abis charger baterai digicamnya lupa naronya.Padahal pingin posting foto bolu bantet favorite Thalla.Juga tidak ada sharing resep...wong resepnya juga nyomot sana sini punya orang.Nanti kalau nyoba resep2 lain lagi dikabarin yaaa...

3 Comments:

  • waaah tau gtu kmrn pesen kue ke tante disa yaaa...
    kpn niy qt boleh nyobain kue2nya?? hihihi

    By Blogger dewi_fajar, at November 12, 2008 at 5:39 PM  

  • hehhehe ayo bu,tetep semangat bikin kuenya .... bikin kue bareng yuk ...atau makan kue bareng aja yang lbh gampang yah, hehee

    By Blogger ary, at November 13, 2008 at 8:52 PM  

  • hehehe...inget jaman sma blajar bikin kue pertama, yang selalu bikin deg2an adalah pada saat buka pintu oven or tutup dandang
    Ngembang gak ya....gosong gak ya.....mekar gak ya....
    Nextnya adalah siap2 kecewa kalo kue yang tadinya udah merekah menor gitu mendadak mppppphhhheeeeessssss.....kempes....hiks! kesel deh...hehehehehe....

    By Blogger debbie, at November 18, 2008 at 11:03 AM  

Post a Comment

<< Home