August 31, 2008

Weekend Kelabu

Sabtu pagi waktu lagi nyusuin Ukail Riany dateng dgn muka cenberut.Karena nanti malemnya emang ada arisan kirain dia mau ngabarin arisannya batal atau apalah.Tapi ternyata bukan itu.Dia ngabarin bahwa tante Apel meninggal dunia.Inalilahi wa inalilahi rajiun...katanya dia dapet sms yg mengabarkan berita itu.Aku langsung naik ke kamar mau ngecek SMS di HP.Sambil naik tangga gak kerasa air mata udah ngalir.Ternyata bener, Brenda SMS kabar yg sama.

Tante Apel itu adalah mama dari salah satu sahabatku sejak SMP dulu.Berarti kita udah berteman selama 17 tahun.Nah...jadi aku dekeeeet sekali sama keluarganya Tessa dan tentu saja Mamanya. Pada dasarnya tante itu orangnya unik banget.Gak seperti ibu2 lainnya.Apa aja kita bisa omongin ke beliau.Mau ngapain aja juga kita gak pernah takut atau umpet2in dari beliau, jadi beliau bisa ngasih nasehat dan saran seperti seorang teman kepada temannya.

Beliau bukan tipe ibu2 yg sabar, lembut dan selalu mengalah sama kita seperti kebanyakan ibu2 lainnya.Beliau seorang yg rame, meledak2 dan suka bercanda.Kita malah sering berantem dan beda pendapat.Dia juga sering marah atau ngambek.Tapi tetap dia seorang yg perhatian.Tertama dia sangat pintar masak.Sama tante aku bukan lagi seperti sama mama temanku tapi beliaulahlah temanku.Aku sering pergi sama tante biarpun tanpa Tessa.Dulu aku memang sering banget nginep di rumah Tessa dan aku juga sering tidur bareng tante.

Jam berapapun aku datang ke rumah beliau aku selalu diterima event di atas jam 12 malam.Trus kita juga sering nongkrong, main kartu, ngobrol2, nonton atau main game bareng.Kesukaannya main puzle bubble.Trus kalau aku pingin makan sesuatu yg emang tante jago bikinnya (beliau jago banget masak) aku tinggal bilang.Beberapa hari kemudian tante suka nelp utk ngasih tau makanan tersebut udah beliau buatin untuk aku.Sejak 4 tahun yg lalu keluarga mereka pindah ke Bali, dan sewaktu aku nginep di rumah mereka tiap hari aku dimasakin makanan yg beliau tau aku suka.Ikan woku, rica2 dan kuah asam beliaulah yg ajarin aku.Salah satu dari makanan itu juga selalu ada di acara kumpul2 natal atau ulang tahun Tessa, tentu saja atas permintaanku.

Setiap acara liburan keluarga aku selalu diajak.Bahkan kalau beliau lagi sama aku beliau selalu memperkenalkan aku sebagai keponakannya kepada orang lain.

Sejak tahun lalu beliau dinyatakan ada batu di lever dan ginjalnya.Sempat dioperasi utk keluarin batu yg di lever dan sukses.Nah untuk yg di ginjal ini yg sejak awal agustus diusahakan dikeluarkan.Sewaktu beliau dirawat utk operasi tahun lalu di bandung aku sempet nengok dan ikut nginep di rumah sakit, tapi ketika dirawat yg terakhir ini di Bali aku belum sempet kesana.Memang manusia boleh berencana Tuhan juga yg menetukan.Tante harus 'pulang'.

Tante Appel meninggal Jumat tgl 29 Agt (tepat di hari ulang tahun Gail, adik Tessa).Di bawa dari Bali ke Jakarta hari Sabtunya dan dimakamkan hari minggunya di Cibubur.

Yang pastinya aku kehilangan sosok tante yg bukan lagi hanya mama dari sahabatku tapi beliaulah sahabatku.

2 Comments:

Post a Comment

<< Home