December 15, 2009

susu

Beberapa bulan belakangan ini Athalla dan Ukail udh beralih ke susu UHT, full UHT.Sebenarnya sejak Ukail berenti ASI umur 1 thn udh langsung mau dikasih UHT.Thalla juga mau aku barengin kasih full UHT.Tapi waktu itu aku masih ragu.Memang sih Thalla sejak 2 thn kalau pergi minumnya UHT, tapi itu krn supaya praktis aja.Pagi sama malem kalau di rumah tetep minum susu formula bubuk.Trus pas Thalla minum susu gak pake botol lagi juga sempet mau dikasih UHT aja, tapi ya itu tadi, masih ragu.

Kenapa ragu?Karena iklan2 dari semua susu bubuk formula yg berlomba2 mengklaim produknya komposisi "ini" lebih besar, kandungan "anu" lebih banyak, ditambah "ini" dan "itu" buat kesehatan pencernaan dan masih banyak lagi.Sedangkan susu UHT kalau diliat di kemasannya memang gak ada DHA,AA,prebiotik dan sebagainya...dan sebagainya...

Suatu waktu (dulu Ukail masih ASI dan thalla masih sufor bubuk) aku ngobrol sama beberapa sepupuku yg juga punya anak seumuran Thalla Ukail tentang sufor apa yg diminum oleh anak2nya masing2.Dan kami sepakat memang ada 1 merk sufor yg diklaim ibu2 bikin gemuk si anak.Nah, merk tersebut memang sempet diminum oleh Thalla, dan seingetku susu itu lebih manis dibandingkan sufor merk lain yg pernah dikomsumsi Thalla juga.Nah, kesimpulannya adalah bisa jadi susu itu bikin gemuk krn protein dan gula yg tinggi.Sementara sebisa mungkin anak2 aku cegah mengkonsumsi apa yg tidak baik utk mereka, yaitu MSG, pengawet, pewarna makanan, makanan instan, perasa, soda, dan gula.Aku bukannya ibu yg suka melarang2 atau jadi paranoid ke anak, jadinya ini gak boleh, itu gak boleh.Tapi yg sebisa mungkin aku cegah ya diusahakan sebisa mungkin dicegah.Salah satunya si susu ini, yg frekuensi dikonsumsi oleh anak2 adalah setiap hari. Tapi semua merk susu yg "sekelas" dgn merk sufor anak2 waktu itu aku cek semuanya memang ada rasanya, seperti vanila, madu dan coklat, yg berarti pakai gula juga (krn pasti manis).

Akhirnya aku ganti susunya anak2 dgn salah satu merk sufor yg pilihan rasanya ternyata ada yg plain.Namanya sangat tidak asing krn sudah ada sejak jaman kita masih kecil.Merk susu ini dibawah perusahaan asing tapi diproduksi di dlm negri.Bukan import dari singapore ataupun Jepang.Otomatis harganya hanya 1/2 dr harga merk sufor import seperti sebelumnya.sebelumnya aku sempet khawatir apa bagusnya sama?apa kandungannya juga sama?Tapi kata dokternya anak2 semua susu sama bagusnya, yg penting anaknya cocok dgn susu tersebut.Masalah harga bisa beda2 itu hanya taktik dagang produsen sufor saja.Ya udh krn dokternya bilang begitu aku jadi tenang.Toh aku pikir susu itu diproduksi dibawah lisensi perusahaan terkenal, pasti standard dan quality kontrolnya baik.Mulailah anak2 konsumsi sufor merk tersebut selama 2 bulanan.

Nah, kebetulan aku ikut beberapa milis.Beberapa diantaranya adlh milis Bayi Kita,Ayah Bunda dan AIMI (asosiasi Ibu Menyusui Indonesia).Semakin kesini semakin dibahas bahwa sebaiknya anak2 diberikan susu UHT.Krn susu UHT itu tdk banyak diproses seperti susu bubuk.Kasarnya seperti ini, kalau susu UHT berarti susu murni yg dipanaskan selama beberapa waktu hanya utk mematikan kuman dan bakteri.Sedangkan susu bubuk dari susu murni yg berbentuk cair diolah dan diproses sedemikian rupa hingga berbentuk bubuk.Jadi prosesnya lebih ribet dan panjang.

Balik lagi aku tanya2 sama dokternya anak2.Menurut beliau memang begitu, susu bubuk melewati proses yg panjang dibandingkan dgn susu UHT.Trus aku tanya sama beliau, tapi kan di susu bubuk biasanya ada kandungan AA, DHA, prebiotik, ARA dsb.Kata pak dokter, anak minum susu itu yg dicari protein, kalsium dan vitaminnya.AA,DHA dan yg lainnya tadi itu ditambahkan saja.Ceritanya mau mencoba mendekati rumusan susu yg paling bagus utk anak yaitu ASI.Tapi tidak akan bisa sama bagusnya dgn ASI.Apalagi buat anak 2 thn ke atas yg sudah lepas ASI, sebenarnya sudah tdk mutlak lagi zat2 tadi.Pak dokter jg kasih contoh anak yg alergi susu sapi dan sama sekali tdk minum susu formula ataupun UHT.Anak itu normal2 saja sama seperti anak2 lainnya yg minum susu.Yg penting sumber protein, kalsium dan vitaminnya didapatkan dari bahan makanan lainnya.Iya juga sih...

Lagipula, yg dicari dr AA dan DHA itu apa sih?Supaya otak anak tumbuh maksimal sehingga jadi lebih cerdas,aktif dan pintar (ini kata iklan sufor)...Nah, bukannya yg terpenting supaya otak tumbuh maksimal adlh stimulasi?Trus probiotik utk apa?Probiotik itu adalah bakteri baik dlm perut yg berfungsi utk menjaga saluran cerna kan?Kalau itu sih Thalla dan Ukail 2x sehari sdh makan yoghurt probiotik bareng buah segar utk cemilan pagi dan sorenya.

Tiba2 aku jadi inget,dulu waktu Thalla umur setahun lebih dikit dia susah BAB sampe ngeden keras dan ada darahnya.Trus gak berapa lama gara2 salah makan dia diare.Tapi diarenya lama bgt sembuhnya.Waktu itu dokternya (bukan dokter yg sama dgn dokternya anak2 yg sekarang) menyarankan susunya diganti aja dari sufor yg Thalla minum waktu itu.Sebenarnya merk masih sama, cuma Thalla minum yg platinum, disuruh ganti yg bukan platinum.Kata beliau kayaknya perut Thalla sensitif dan gak kuat sama kandungan susu platinum yg banyak ditambah ini dan itunya.Dia jg bilang semua susu bagus, asalkan anaknya gak bermasalah minum susu tsb.Nah, berarti udh 2 dokter yg berbeda ngomong yg sama.

Nah dari situ baru aku berani kasih Ukail dan Thalla full UHT sejak beberapa bulan belakangan ini.dan alhamdulillah anak2 suka yg rasanya plain jadi aku gak khawatir soal gulanya.Walaupun sih sebenarnya anak2 ini gak bisa selamanya kita pantau,larang dan atur makannya hrs yg less sugar, tanpa pengawet dan sebagainya.Pastinya saat mereka udh bisa memilih sendiri pastinya mereka pilih yg lebih enak di mulut mereka.Tapi setidaknya dr sekarang mulut mereka dibiasakan menkonsumsi yg lebih sehat jadi sampai besar mereka sdh terbiasa makan/minum yg lebih sehat.

6 Comments:

  • Wah.
    Bener banged nih, pengen cari susu tp begitu singgah ke kounter sufor lgsg deh dikerumunin spg-nya. Pdhl kita pengen pilah2 sendiri.
    Aku blm beralih ke UHT full sih, masih separoh2 saja... skrg vay pk sufornya Dancow aja utk siang. murah meriah tp cocok :)

    By Anonymous zee, at December 21, 2009 at 9:10 AM  

  • iya, anak2 kemarin sebelum full UHT aku kasih dancow juga.Paling kurang manis juga dibanding sufor yg lain ya...

    By Blogger Ledisa, at December 21, 2009 at 9:16 AM  

  • This comment has been removed by the author.

    By Blogger Ledisa, at December 21, 2009 at 9:16 AM  

  • Disa,...

    akhirnya nemu juga blognya dirimu.

    Gw alhamdulillah Fadly sampe sekarang minum UHT merk Ultra atau Susu Sehat (Ultra produk juga).

    Dan so far, abis2 aja tuh....bahkan kemarin2 bisa 1 lt sehari wkwkwkkw.
    PAs kemarin konsultasi waktu test untuk TPA Makara dokternya ngelarang gw kasi Fadly minum susu banyak2. Cukup dikisaran 500 ml aja.

    Enaknya UHT...klo pergi2 ga perlu nakar2, bawa termos, t4 susu, takut tumpah, bececeran dll.
    Klo buat di rumah bisa disajikan dingin (Fadly doyan banget), klo pas mata ngantuk Fadly minta susu ga ribet kesirem air panas hahahaha **lebay :D

    Lagian kek DSA nya Thalla en Ukail bilang, proses susu murni jadi susu bubuk tuh butuh proses yang panjangggg dan laaaammmma:)

    Dan alhamdulillah, Fadly sehat2 aja tuh :)

    Gw juga sering bgt ditawarin sufor ini itu ma SPG,....jawaban gw..susu bubuk prosesnya panjang mba...biarpun dikasi zat en bahan lain tetep ga ngaruh tuh:)

    Dan biasanya mempan alias SPG nya maksa2 lagi :)

    Eh sekarang suami gw juga ikut2an bgitu jawabannya klo ditawarin ini itu ma SPG :)

    By Anonymous sally fauzi, at January 6, 2010 at 3:06 PM  

  • bulan depan Kea 1 tahun, aq masih raguuu2 bgt ngasi UHT...mgk di mix yaa, klo travelling pke UHT klo di rumah susu bubuk ...

    anyway tQ pencerahannya y Mom

    By Blogger dian sigit, at January 8, 2010 at 10:56 AM  

  • Akhirnya dpt jawaban krn anak saya semenjak brenti asi maunya susu UHT rasa plain dicoba berbagai sufor ga mau..
    kka saya suka berpendapat sufor lebih bagus krn lebih banyak gizinya

    By Blogger Unknown, at March 16, 2020 at 7:47 AM  

Post a Comment

<< Home