January 15, 2010

MSG sindrom

Kejadiannya sebenarnya udh sebulan yg lalu, tp emang blm sempet cerita disini.Jadi suatu sore ayahnya anak2 telp aku dari kantor.Dia bilang kalau dia tiba2 pusing banget sampe kliyengan.Sampe dia hrs duduk krn kl berdiri dia gak kuat.Trus dia juga rasa kepalanya kayak membesar dan kebas,pipi kuping semua kebas.Dan kata temen2nya muka, kuping sama mata adhis juga merah banget.Langsung lemes bgt deh aku dengernya, krn cuma satu yg kepikiran waktu itu yaitu suamiku kena stroke.Apalagi Adhis tuh adalah orang yg jaraaaang ngeluh.Jd kl dia udh bilang gak kuat berarti ya udh parah bgt tuh pusingnya.

Akhirnya aku larang dia pulang sendiri, tadinya sih dia sempet ngotot mau pulang sendiri kl udh enakan.Tp aku gak beranilah, jadi aku suruh dia dijemput dan langsung janjian di RSPI krn hari itu juga Thalla udh 2 hari demam, jadi sekalian mau periksa ke dokternya Thalla.
Kira2 1 jam kemudian waktu aku sm Thalla lg nunggu dokter, Adhis nyampe.Waktu itu keliatannya udh segeran.Cuma msh agak pusing aja katanya.Tp kepala udh gak kebas lagi katanya.Muka sama matanya aku liat juga udh gak merah.Tadinya rencananya adhis mau langsung periksa ke UGD tapi krn udh enakan dia bilang mau tanya sama dokternya Thalla aja kl dia mau periksa sebaiknya ke dokter apa.

Untungnya gak berapa lama giliran Thalla masuk.Seperti biasa, Thalla amandelnya merah lagi.Pantes aja kemarin pas mulai demam dia ngeluh lehernya sakit.Dokternya nanya siapa yg pernah dioperasi amandel bapak atau ibunya.Aku sih gak pernah, tp Adhis memang waktu SD amandelnya diangkat.Ternyata bisa menurun juga kondisi amandel yg jelek itu.
Trus kita cerita sama dokternya Thalla kejadian sore tadi ttg sakit kepala Adhis.Kata dokter kalau gejala tadi disertai demam periksanya ke dokter penyakit dalam, tp kl tanpa demam periksa ke dokter syaraf.Dokternya juga tanya apa jari2,tangan atau kaki ada yg kesemutan atau kebal.Untungnya Adhis gak ada kesemutan.

Buru2 deh kita ke dokter syaraf.Di situ ditanya td sebelum pusing itu lagi apa, trus pusingnya seperti apa,ada kebal gak dan seterusnya.Trus Adhis diperiksa, ditekuk2 kaki dan tangannya, diraba2 jari2nya...pokoknya lamaaa bgt.Aku yg nungguin sampe deg2an dan gak sabar.Aku nanya2 terus, "Bukan Stroke kan dok?"
Tapi dokternya gak jawab2.Akhirnya dia diem, menerawang sebentar trus suruh Adhis tidurnya agak geser krn dia mau duduk di tempat tidur juga, trus dia pegang tangan Adhis sambil menghela nafas.Aduuuh, rasanya pingin teriak deh saking stressnya aku liat tu dokter kayaknya kok mau nyampein sesuatu yg gak enak gitu.
"Gini ya Pak, Bu...tadi kan bapak setengah jam sblm serangan abis makan siomay,"kata pak dokter.
"iya dok,"kata Adhis sambil lirik2 aku.Dlm hatiku jg apa hubungannya pusing sama siomay.
"Nah, jadi bapak ini mengalami yg namanya MSG sindrom, dimana pembuluh darah bapak itu istilahnya mengalami Rush...,"blm selesai pak dokter nerangin aku udh nyeletuk,
"Jadi bukan stroke dok?"
"Oh bukan bu,"
"Dokter yakin?" aku nanya lagi,
"Iya bu."

Alhamdulillah....lega bgt deh aku dengernya.Jadi ternyata Adhis itu mengalami MSG sindrom, gara2 MSG di siomay abang2 di depan kantorya.Jadi pembuluh darahnya kayak melebar dan alirannya jadi kenceng ke arah kepala.Jadinya muka,kuping dan mata jd merah,rasanya kayak membesar dan pusing.

Padahal daridulu di rumah masakan gak ada yg pake MSG dan gak pernah masak pake yg instan2, kecuali mi instant tapi itupun jarang.Tapi kata pak dokter kalu makan di luar pasti kan ada MSGnya.Dan ini sudah terakumulasi dlm tubuh, dari dulu sudh menumpuk.Nah pas makan siomay (yg kata adhis emang enak bgt dan rame bgt pembelinya) MSG di siomay itu memicu rush tadi. Emang sih Adhis kl lg ngemil sukanya makan yg rasa2 gurih asin kayak pringles,kacang2 yg ada rasanya,keripik2 dll.Itu kan MSGnya banyak pastinya.Dan aku dulu juga pernah baca dimana gitu kl di AS ada yg suka kena chinese food syndrome.Gejalanya ya sama begitu.Katanya krn chinese food disana kebanyakan pake MSG.
Wah pokoknya lega bgt deh begitu tau kl suamiku gak kena stroke.

Akhirnya dokternya cuma kasih obat buat sakit kepala sama vitamin buat syaraf.Tapi MSG sindrom itu gejalanya serem juga lho mirip kayak gejala stroke...ternyata oh ternyata siomay abang2 sindrom.

3 Comments:

  • wah ngeri juga baca ceritanya si ayah....waduh mana aku doyan banget sama somay abang2...kayaknya mulai skrang harus dikurangin jajan kali yachh...lebih aman bikin sndiri di rumah...smoga ayahnya thalla ngga kena sindrom MSG lagi yachh...dan smoga kita semua selalu diberikan kesehatan...amiin

    By Blogger Nia, at January 21, 2010 at 10:06 AM  

  • makanan di luar emang suka menggoda y rasanya.. cuma y itu deh kita gak tau pasti ttg kandungan & kebersihannya.. Jd harus lebih hati2 aja kali y ^^

    By Blogger Keke Naima, at January 21, 2010 at 2:33 PM  

  • padahal jajanan abang2 tuh paling suka bikin ngiler yah...bakso,siomay,mi pangsit...tapi ya itu,mereka enak krn MSGnya banyak...emng hrs di rem jajan sekarang...

    By Blogger Ledisa, at January 21, 2010 at 4:30 PM  

Post a Comment

<< Home